Routing Protocol berbasis web pada Cisco Router 2800 series memanfaatkan Application Programming Interface (Api) dari Cisco

Sudaryanto Sudaryanto, Haruno Sajati, Ega Ari Wiyasa

Abstract

Routing Protocol merupakan salah satu teknologi komputer yang saat ini sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan routing dapat digunakan untuk membroadcast, mempelajari jaringan yang saling terhubung dan rute (network path) yang tersedia, serta router yang berbeda bisa saling bertukar informasi untuk  mendapat rute paling efisien ke tujuan. Cisco Router merupakan perangkat router yang sudah menyediakan teknologi routing. Permasalahan yang ditemukan pada Cisco Router adalah sistem manajemen routing yang masih berbasis command line dan tidak dapat diakses dari jarak jauh. Pada penelitian ini akan membangun user interface berbasis web untuk Routing Protocol dengan tujuan memberikan kebebasan pemakaian device dan tidak harus terfokus pada satu jenis device saja. Routing berbasis Web ini dibuat dengan memanfaatkan API Cisco sebagai penghubung antara bahasa pemrograman berbasis Web dengan bahasa pada perangkat lunak Cisco Catalyst 2800 dan pemanfaatan Telnet yang berperan penting dalam memberikan akses lebih luas pada Cisco Catalyst 2800 untuk diakses di luar aplikasi terminal emulator. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa Routing Protocol berbasis Web terbukti dapat melakukan konfigurasi routing sehingga dapat digunakan untuk mengatur hubungan antar komputer sesuai dengan kebutuhan pada jaringan yang digunakan

Keywords

Routiong Protocol , API Cisco, Telnet, Cisco Router Type 2800 Series.

References

Mahmood A.N. (2020). Performance Analysis of Routing Protocols RIP,EIGRP,OSPF,IGRP using Networks connecter. EasyChair.

Miftah, Z. (2016). Analisis Peningkatan Kinerja LAN Dengan Routing Dinamis Berbasis OSPF Single Area Dan InterVLAN Menggunakan Cisco Packet Tracer 7.1, 9.

Ayuningtyas, A., Sudaryanto, & Cessara, D. D. (2020). Sistem Manajemen Virtual Local Area Network (VLAN) Pada Cisco Catalyst 3750 Berbasis Web. In Simetris, 11.

Sudaryanto, & Nurhayati, D. (2019). Monitoring Interfaces FastEthernet On Cisco Catalyst 3750 To Ensure Use Of The Security Computer Network In STTA Computing Laboratories. In Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta, 5.

Sulaiman, K. (2016). Analisis Sistem Keamanan Jaringan Dengan Menggunakan Switch Port Security. CESS (Journal Of Computer Engineering, System And Science) (Vol. 1, ISSN :2502-7131)

Rinaldo, R. (2016). Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Menggunakan Microtik Router Os Di Universitas Islam Batik Surakarta. Jurnal Emitor, 16(2), 5-12.

Gobel. M. A. A., Sumarsono. S., & Indrianingsih. Y. (2012). Notification Of Security Threats On The Internet Proxy Server Is A Server-Based Short Message Service (Sms). In Compiler STT Adisutjipto Yogyakarta, 1(1), 77-90.

Pradikta, R., Affandi, A., & Setijadi, E. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Jaringan Dengan Menggunakan Simple Network Management Protocol. Jurnal Teknik Pomits, 2(1), 154-159.

Herliana, A., Rasyid, P.M. (2016). Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software Pada Tahap Development Berbasis Web. Jurnal Informatika, 3(1), 41-50.

Taftazanie, S., Prasetijo, A. B., & Widianto, E. D. (2017). Aplikasi Pemantau Perangkat Jaringan Berbasis Web Menggunakan Protokol SNMP Dan Notifikasi Sms. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 5(2), 62-68.

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.