Analisis kekuatan tarik, bending, mikrostruktur, komposisi dan kemampuan redam suara komposit serat pelepah pisang menggunakan metode Vacuum Assisted Resin Infusion

Annisa Angelia, Muhammad Abdul Ghofur, Arif Djoko Nugroho, Purwadi Purwadi, Purnomo Herlambang

Abstract

Komposit merupakan suatu material hasil rekayasa yang terdiri dari dua atau lebih material penyusunnya dimana material penyusun komposit terdiri dari penguat (reinforcement) dan pengikat (matrix). Salah satu jenis serat adalah serat alam yang sangat mudah ditemukan dikehidupan kita sehari-hari. Pelepah pisang adalah salah satu jenis serat alam yang memiliki jaringan selular dengan pori-pori yang saling berhubungan. Proses pembuatan spesimen komposit dalam penelitian ini menggunakan metode Vaccum Assisted Resin Infusion (VARI). Selanjutnya spesimen akan diuji dengan alat uji tarik dengan standar ASTM D 3039/ 3039 M dan alat uji bending dengan standar ASTM D790-03. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan tarik, kekuatan bending, mikrostruktur dan komposisi dari komposit serat pelepah pisang antara komposit dengan waktu pengeringan selama 1 hari dan 7 hari.  Selain itu dilakukan juga uji redam suara dari spesimen komposit tersebut yang kemudian dibandingkan dengan hasil uji redam suara dari glasswoll. Hasil dari penelitian ini diperoleh kekuatan tegangan tarik yang dihasilkan oleh komposit serat pelepah pisang dengan waktu pengeringan selama 7 hari adalah sebesar 17,90 N/mm2 sedangkan waktu pengeringan selama 1 hari adalah sebesar 16,72 N/mm2. Kekuatan bending yang dihasilkan oleh komposit serat pelepah pisang dengan waktu pengeringan selama 7 hari adalah sebesar 31,75 N⁄mm2 sedangkan waktu pengeringan selama 1 hari adalah sebesar 20,68 N⁄mm2. Hasil mikrostruktur pada komposit serat pelepah pisang dengan waktu pengeringan selama 7 hari terlihat serat dan resin lebih menyatu dibandingkan waktu pengeringan selama 1 hari dimana serat dan resin kurang menyatu serta masih banyak ronga udara. Jumlah oksigen pada komposit serat pelepah pisang dengan waktu pengeringan selama 1 hari yaitu 52,00% sedangkan waktu pengeringan selama 7 hari yaitu 51,35%. Pada penelitian ini juga diperoleh hasil desibel suara tanpa adanya sekat atau ruangan kosong dengan diberi suara sebesar 103 dB sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji peredam suara komposit pelepah pisang dengan waktu pengeringan selama 7 hari mampu meredam suara sebesar 21% dengan taraf intensitas suara 89,5 dB sedangkan glasswoll memberikan peredaman suara sebesar 8,76% dengan nilai taraf intensitasnya 91,7 dB.

Keywords

Komposit, Serat pelepah pisang, Vacuum Assisted Resin Infusion, Sound level meter, Glasswooll, Uji tarik, Uji bending , Uji Mikrostruktur, Uji Komposisi, Uji peredam suara

References

Kardiman,dkk,” Analisis Sifat Mekanik Terhadap Bentuk Morfologi Papan Komposit Sekam Padi sebagai Material Alternatif Pengganti Serat Kaca”, Jurnal Riset Sains dan Teknologi Volume 2 No. 1 Maret 2018.

Mohammad Alfian,dkk, "Pengaruh Fraksi Volume Fiber Glass Terhadap Sifat Mekanik Komposit Fiber Glass/Epoxy Dengan Metode Vari", Jurnal Stator, diakses dari Januari 2020.

Yoga Saputro“Analisis Scanning Electron Microscope (SEM) Pada Pengelasan Brazing Antara Aluminium Seri 1000 Dan Stainless Steel Seri 304 Dengan Penambahan Serbuk Tembaga” Jurnal Teknik Mesin Mei 2019.

Ridway Balaka,dkk.”Analisa Mampu Redam Suara Pada Material Komposit Kalsiboard Dan Gypsum”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin, Vol. 1, No.1, Mei 2016.

Harsi,dkk.” Karakteristik Kekuatan Bending Dan Kekuatan Tekan Komposit Serat Hybrid Kapas/Gelas Sebagai Pengganti Produk Kayu”, Dinamika Teknik Mesin, Vol. 5, No. 2, Juli 2015.

Indra Mawardi, Hasrin Lubis., Proses Manufaktur Plastik dan Komposit. Penerbit Andi, 2019

Sofyan dkk,” Kekuatan Tarik Komposit Matrik Polimer Berpenguat Serat Alam Bambu Gigantochloa Apus Jenis Anyaman Diamond Braid dan Plain Weave” Jurnal Energi dan Manufaktur Vol.7, No.1, April 2014: 1-118.

I Gede Widiartha, dkk, “Study Kekuatan Bending dan Struktur Mikro Komposit Polyethylene Yang Diperkuat oleh Hybrid Serat Sisal dan Kurang Goni”, Dinamika Teknik Mesin, Volume 2 No. 2 Juli 2012, Universitas Mataram, Mataram, 2012.

Vacmobile, “Vacuum systems for composites ready to inifuse, right out of the box “, 2020, hlm 5-7.

Vacmobile, “Vacuum systems for composites ready to inifuse, right out of the box “, 2020 , hlm 2.

Kunartto,dkk. “Serat Pelepah Pisang Dan Eceng Gondok Sebagai Penguat Komposit Dengan Variasi Arah Serat Terhadap Uji Tarik Dan Bending”, Jurnal Teknik Mesin Ubl, Vol.5 No. 2 (2018).

Michael C. Y. Niu., Composite Airframe Structure, Hongkong Conmilit Press LTD, 2000.

Article Metrics

Abstract view : 290 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.