Pemanfaatan Media Komunikasi Visual Sebagai Alat Bantu Promosi Obyek Wisata Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality (Studi Kasus: Kampung Baran, Desa Salam, Kap. Patuk Gunungkidul)

M. Pandu Rizky Akbar, Yuliani Indrianingsih, Astika Ayuningtyas

Abstract


Pariwisata mempunyai manfaat sebagai hiburan yang dapat dinikmati oleh wisatawan sekaligus menjadi sumber pendapatan bagi pengelola obyek wisata dan masyarakat sekitarnya. Kampung Baran, Desa Salam, Kapenewon Patuk Gunungkidul merupakan salah satu desa yang dijadikan sebagai Rintisan Kampung Wisata yang memiliki wisata alam yaitu Susur Sungai & Goa, Hamparan Sawah Gayam Baran, dan Air Terjun Kedung Anyep. Adanya informasi destinasi wisata Kampung Baran sangat membatu pengelola dalam mengenalkan obyek wisata, khususnya di kondisi pandemi saat ini yang masih terbatas interaksi langsung dengan masyarakat. Aplikasi Markerless Augmented Reality (AR) membantu untuk memperkenalkan Kampung Wisata Baran yang dapat memberikan informasi wisata dengan menggabungkan dunia maya kepada dunia nyata. Aplikasi ini dibuat menggunakan beberapa software yaitu Unity, Blender 3D untuk membuat media komunikasi visual 3D, Adobe Illustrator untuk membuat media komunikasi visual 2D dan EasyAR SDK untuk implementasi AR. Berdasarkan hasil uji fungsionalitas dari skenario yang telah ditentukan aplikasi dapat berjalan dengan baik dengan beberapa kendala dan pada uji perangkat menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik pada Android versi 7.0–11.0 serta untuk uji pengguna dengan kuesioner memperoleh nilai rata-rata prosentase 81,613% dan termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Aplikasi ini dapat dijalankan setidaknya pada smarthphone Android dengan minimal versi 5.1 ‘Lollipop’.

Keywords


Augmented Reality, Kampung Baran, Gunungkidul, Media Komunikasi Visual.

References


Astika Ayuningtyas A A Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Menunjang Promosi Produk Unggulan Dan Obyek Wisata Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Eprints.Stta.Ac.Id

Kemenparekraf 2020 Buku Tren Pariwisata 2021 vol

Rosa Arianti Sukamto M S 2016 Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek Inform. Bandung

Fitriani Eka Rahmawati 2015 Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas Di Sokaraja 17

Zebua T, Nadeak B and Sinaga S B 2020 Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D J. ABDIMAS Budi Darma 1 18–21

Enterprise J 2020 Panduan Adobe Illustrator (Elex Media Komputindo)

Irfan Sural 2018 Augmented Reality Experience: Initial Perceptions of Higher Education Students, Int. J. Instr. 11 565–76

Bagus I and Mahendra M 2016 Implementasi Augmented Reality ( Ar ) Menggunakan Unity 3D Dan Vuporia Sdk J. Ilm. ILMU Komput. Univ. Udayana 9 1–5

Sugiyono 2013 Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta. vol 28 (alfabeta)

Setiawati F A, Pendidikan F I and Yogyakarta U N 2011 Makalah Seminar Nasional PERBANDINGAN PENSKALAAN METODE INTERVAL TAMPAK SETARA ( TIPE THURSTONE ) DAN SUMMATED RATING ( TIPE LIKERT ) 0–23




DOI: http://dx.doi.org/10.28989/senatik.v7i0.456

Article Metrics

Abstract view : 320 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Conference SENATIK P-ISSN :2337-3881 and  E-ISSN : 2528-1666

Jumlah penggunjung = Web Analytics orang

Statistik Senatik

Flag Counter