Analisis Jumlah Fasilitas Pelayanan Server Validasi Kartu Kesehatan Dengan Menggunakan Metode Antrian

Yulia Angelia, Riani Nurdin, Marni Astuti

Abstract

Pandemi covid-19 mengubah banyak hal, tidak terkecuali dalam dunia penerbangan dan hal-hal yang berkaitan dengan operasional bandar udara, termasuk diantaranya Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Perubahan karena pandemi covid-19 terlihat cukup jelas ketika penumpang yang akan menggunakan jasa penerbangan harus membawa surat kesehatan. Ketika penumpang melakukan validasi surat kesehatan pada bagian server validasi di Bandar Udara Internasional Yogyakarta sering terjadi permasalahan dalam pelayanan yaitu penumpukan (antrian) penumpang yang disebabkan oleh jumlah fasilitas server validasi tidak mencukupi untuk melayani penumpang yang datang bersamaan. Digunakan model antrian untuk menganalisis jumlah server yang optimal.  Dari hasil analisis maka jumlah server pelayanan yang harus disediakan setiap periodenya adalah sebanyak 3 (tiga) server. Sebab apabila jumlah server lebih besar dari 3 server akan mengakibatkan waktu menunggu penumpang semakin kecil tetapi prosentase waktu menganggur server pelayanan justru lebih besar. Apabila jumlah server lebih kecil dari 3 akan mengakibatkan waktu menunggu penumpang semakin besar dan prosentase waktu menganggur server pelayanan tidak terhingga.

Keywords

Antrian, Validasi Server, Optimal.

References

W B 2016 Analisis Sistem Antrian (Lampung: Duta Graha Solusi)

Yogyakarta B U I 2021 Profil Bandar Udara Internasional Yogyakarta Ensiklopedia Bebas

Dharma J and Lesmono 2001 Model Antrian M (H) / G / 1 Integr. Maj. Ilm. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam 6 39–42

Pribadi E S, Arisandi A and Hartama D 2019 Analisis Antrian Pada Indomaret Dengan Menggunakan Teori Antrian Untuk Menentukan Pelayanan Yang Optimal UG J. 1 06–8

Hillier F S and Lieberman G J 2001 Introduction to Operation Research (7th edition) 1234

Prabowo F and Bodroastuti T 2012 Penentuan Jumlah Teller Yang Optimal Berdasarkan Metode Antrian (Studi Pada Bank Mega Cabang Pemuda Semarang) J. Kaji. Akunt. dan Bisnis 1 48–63

MZ H, Pratiwi I, Tamalika T and Husin I 2019 Analisis Sistem Antrian Dengan Metode Simulasi J. Desiminasi Teknol. 7 51–9

Kakiay T J 2004 Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata 2004

P S 1987 Penelitian Operasional (Jakarta: UI Press)

Nursihan,Sugito H Y 2015 Analisis Sistem Pelayanan Di Stasiun Tawang Semarang Dengan Metode Antrian Gaussian 4 375–82

Hamdy A Taha 2007 Operation Research An Introduction 8ed

Subagyo P, Asri M and Handoko 2000 Dasar-dasar Operations Research Edisi 2 (Yogyakarta: BPFE)

Wati R 2017 Sistem Antrian Pelayanan Pasien Pada Puskesmas Kelurahan Setiabudi Jakarta Selatan Dengan Menggunakan Waiting Line J. Techno Nusa Mandiri 14 15–20

Scott J F, Walpole R E and Myers R H 1973 Probability and Statistics for Engineers and Scientists vol 57

Article Metrics

Abstract view: 49 times
Download     : 4   times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.