ANALISIS PERAWATAN MODUL RPC 2000 PADA SECONDARY SURVEILLANCE RADAR (RADAR SSR) DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI PERUM LPPNPI AIRNAV INDONESIADISTRIK YOGYAKARTA
Abstract
Radar merupakan suatu alat pendeteksi dan pengatur lalu lintas pesawat diudara. Perawatan radar sangat penting terutama pada komponen-komponennya agar dapat beroperasi dengan baik tanpa ada kendala. Kerusakan yang terjadi pada komponen Modul RPC 2000 pada Radar SSR yang beroperasi selama 24 jam akan mengakibatkan hilangnya target pesawat pada display controller ataulayartampilan pesawat di ruang ATC. Karena tindakan perawatan saat ini cenderung corrective maintenace. Oleh karena itu tindakan perawatan berkala merupakan hal yang penting dilaksanakan oleh teknisi agar modul dapat beroperasi sesuai dengan fungsinya. Dalam penelitian ini digunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) dengan menggunakan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis), Logic Tree Analysis (LTA), Task Selection untuk pemilihan tindakan kebijakan perawatan guna mengetahui dan menganalisa mode kegagalan yang terjadi dan memilih tindakan kebijakan perawatan yang lebih efisien.
Dari hasil analisis FMEA diperoleh 12 mode kegagalan yaitu pada komponen modul smps switch on/off, bearing, spool motor, resistor, kapasitor, transistor, integrated circuit. Pada Logic Tree Analysis diperolehkategori mode kegagalan yaitu kategori B (outage). Kemudianpada tahapakhirTask Selection yaitu menentukan tindakan kebijakan perawatan. Sehingga rekomendasi perawatan preventive yang tepat adalah 4 kebijakan perawatan Condition Directed (CD) dan 8 untuk kebijakan perawatan Run To Failure.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Moubray, John, 2011, Realibility centered Maintenance II, 2nd Edition, Butterworth: Heinemann:Oxford.
Smith , Anthony M, 1993, Realibility centered Maintenance, The Mc Graw Hill.
Harpco Systems Inc USA www.harpcosystems.com
Azka Nur Aufar, Kusumaningrum, Hendro Prasetyo, 2014, Usulan Kebijakan Perawatan Area Produksi Trim Chassis Dengan Menggunakan Metode Realibility centered Maintenance Di PT. Nissan Motor Indonesia, Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, Vol 4, No 2,
Fauji Ridwan, 2012, Analisis Kerja Secondary Surveillance Radar Sebagai Alat Pemandu Lalu Lintas Udara Di Bandar Udara Adisutipto, Yogyakarta, Skripsi, Teknik Penerbangan, STTA, Yogyakarta.
Andina N.S, Ambar Harsono, Fifi Hermi Mustafa 2014, Usulan Kebijan Perawatan Lokomotif Jenis CC201 Dengan Menggunakan Metode Realibility centered Maintenance, Di PT. Kereta Api Indonesia DIPO, Bandung.
M., Riseno R., Kusmaningrum, Yanti Helianty, 2015, Analisis Kebijakan Perawatan Mesin Cincinnati Dengan Mengunakan Metode Metode Realibility centered Maintenance di PT.DIRGANTARA INDONESIA, Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, Vol 03, No 1
Imam Prasetyo, 2012, Analisis Perawatan Turboprop Engine PT6A-25 Dengan Metode Metode Realibility centered Maintenance (RCM), Skripsi, Teknik Penerbangan, STTA, Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.28989/senatik.v2i0.73
Article Metrics
Abstract view : 503 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 449 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Conference SENATIK P-ISSN :2337-3881 and E-ISSN : 2528-1666
Jumlah penggunjung = orang