Analisis kualitas sambungan Alumunium 2024 menggunakan metode Friction Stir Welding (FSW) dengan variasi Kekerasan Material Pin
Abstract
Friction Stir Welding (FSW) sudah menjadi salah satu pilihan muthakir dalam penyambungan struktur pesawat terbang berbahan paduan alumunium 2024 T3. Salah satu parameter penting dalam kualitas pengelasan FSW adalah material pin dengan kekerasan berbeda-beda.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kekerasan material pin terhadap kualitas sambungan secara visual dan kekuatan mekanis sambungan FSW. Tiga jenis material logam digunakan dalam penelitian ini baja ST60, baja ST60 yang dikeraskan, dan baja stainless steel (SS). Material yang disambung alumunium paduan 2024 yang merupakan material untuk struktur skin pesawat terbang. Penyambungan menggunakan mesin mill dengan putaran spindle 1800 rpm, dengan sudut kemiringan pin 3o. Pengujian kekerasan pin, pencatatan temperatur pengelasan, pengamatan visual hasil pengelasan, pengujian tarik dilakukan secara berurutan. Pengujian tarik dilakukan dengan standar ASTM E8, dengan menggunakan mesin Go Tech berkapastas 30 T. Secara visual, ketiganya memperlihatkan topografi pengelasan yang cukup baik dengan rigi-rigi yang rapat. Hasil pengujian kekerasan didapatkan logam SS menghasilkan kekerasan tertinggi dengan nilai 1519.67 HV, diikuti ST60 hardened sebesar 1055.73 HV, dan paling kecil adalah ST60 sebesar 820.81 HV. Kekuatan tarik terbesar diperoleh pada sambungan menggunakan material ST60 hardened dengan nilai 294 MPa, diikuti SS sebesar 259 MPa dan paling kecil adalah ST60 dengan nilai 232 MPa
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Huda, Z., Taib, N. I., & Zaharinie, T. (2009). Characterization of 2024-T3: An aerospace aluminum alloy. Materials Chemistry and Physics, 113(2–3), 515–517. https://doi.org/10.1016/j.matchemphys.2008.09.050
Kundu, J., Ghangas, G., Rattan, N., & Kumar, M. (2017). Friction Stir Welding : Merits over other Joining Processes. 7(3), 1175–1177.
Jiang, W. H., & Kovacevic, R. (2004). Feasibility study of friction stir welding of 6061-T6 aluminium alloy with AISI 1018 steel. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part B: Journal of Engineering Manufacture, 218(10), 1323–1331. https://doi.org/10.1243/0954405042323612
Chien, C., Lin, W., & Chen, T. (2011). Optimal FSW process parameters for aluminum alloys AA5083. 3839. https://doi.org/10.1080/02533839.2011.553024
PradeepKumar, M., Amarnath, K., & SunilKumar, M. (2015). A Review on Heat Generation in Metal Cutting. International Journal of Engineering and Management Research, 4(4), 193–197.
Dialami, N., Cervera, M., & Chiumenti, M. (2019). Effect of the tool tilt angle on the heat generation and the material flow in friction stir welding. Metals, 9(1). https://doi.org/10.3390/met9010028
Luhur P, H. A., Hadi, E. S., & Amiruddin, W. (2017). Jurnal teknik perkapalan. Teknik Perkapalan, 5(2), 421–430.
Nik, Z. C., Ishak, M., & Othman, N. H. (2017). The Effect of Tool Pin Shape of Friction Stir Welding (FSW) on Polypropylene. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 238(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/238/1/012003
Deshmukh, A. R., Venkatachalam, G., Divekar, H., & Saraf, M. R. (2014). Effect of weld penetration on fatigue life. Procedia Engineering, 97, 783–789. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2014.12.277
Everts, M., Ayres, S. R., Mulock Houwer, F. A., Vanderwagen, C. P., Kotze, N. M., & Meyer, J. P. (2014). The influence of surface roughness on heat transfer in the transitional flow regime. Proceedings of the 15th International Heat Transfer Conference, IHTC 2014, January. https://doi.org/10.1615/ihtc15.cnv.008338
DOI: http://dx.doi.org/10.28989/senatik.v6i0.400
Article Metrics
Abstract view : 301 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 246 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Conference SENATIK P-ISSN :2337-3881 and E-ISSN : 2528-1666
Jumlah penggunjung = orang